-->

SKRIPSI Web Desa

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang

Internet dan kemajuan teknologi telekomunikasi telah secara drastis mengubah cara orang bekerja dengan komputer. Internet adalah media untuk menyebarkan informasi secara efektif dan murah. Dengan peningkatan pesat dalam teknologi komunikasi dan informasi, ruang lingkup Internet berkembang dari hari ke hari dan biaya yang dikeluarkan oleh publik dalam hal mengakses internet, atau berselancar di Internet, dianggap lebih mahal setiap hari. Strategi pembangunan situs adalah strategi yang tepat dan efektif dalam hal penyebaran informasi dan cakupan yang luas. Dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, internet pada dasarnya adalah spreadsheet (desentralisasi) atau pengetahuan, jadi ini sangat penting untuk permintaan aplikasi untuk mengunggah file yang tersedia online.

 Kantor Desa adalah organisasi yang mencatat data orang-orang, terutama Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta Kelahiran, Surat Mati, dan Sertifikat Keimigrasian, serta lembaga yang mempekerjakan masyarakat miskin. di kamp mana pun. desa. Untuk alasan ini, desa memerlukan sistem informasi yang mendukung kebutuhan desa yang akan sangat membantu administrasi desa baik dalam menciptakan efisiensi dan efisiensi di desa itu sendiri. Untuk dapat meningkatkan data populasi dan melaporkannya ke pusat-pusat tingkat tinggi, di wilayah ini, perlu untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan proses pengumpulan data yang sedang berlangsung. Ada beberapa kelemahan dan kelemahan, yaitu masalah dengan menyediakan informasi yang cepat dan akurat tentang pengumpulan data desa,

Baca Juga : softcodestore.blogspot.com | situs download softcode gratis

Saat ini desa Juli Keude Dua belum memiliki sistem komputer yang didedikasikan untuk bekerja dalam komunikasi desa, membuat dokumen masih menggunakan layanan sewa untuk keperluan desa sehingga dapat mempengaruhi sistem layanan masyarakat di desa Juli Keude Dua. Atas dasar itulah penulis mengembangkan suatu sistem yang dapat memfasilitasi manajemen kompatibilitas web gampong untuk membantu layanan komunitas gampong dalam pertukaran tertentu.

          Oleh karena itu penulis berinisiatif untuk mengambil judul “Sistem Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web Di Gampong Juli Keude Dua”.

1.2.   Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari sistem ini adalah:
  1. Bagaimana membangun aplikasi surat menyurat pada Gampong Juli Keude Dua berbasis web ?
  2. Bagaimana mengimplementasi boostrab pada sistem informasi surat menyurat di gampong Juli Keude Dua berbasis web ?
  3. Bagaimana membuat sebuah sistem yang dapat memudahkan dalam pengolahan data surat secara efektif dan akurat ?

1.3. Batasan Masalah
Batasan masalah dalam sistem ini akan dibatasi sebagai berikut:
  1. Sistem ini dibuat bagaimana cara  perancangan sistem informasi pengelohan data surat berbasis web yang baik.
  2. Sistem ini dibuat bagaimana merangcang sebuah sistem informasi pengelohan data surat berbasis web agar diketahui  oleh masyarakat umum.
  3. Sistem ini menggunakan boostrab, PHP (HyperText Preprocessor), MYSQL sebagai database, dan Apache untuk Web Server, serta didukung dengan Software yang lain seperti : Macromedia Dreamweaver 8, Adobe Photoshop CS3 dan Mozilla Firefox.
  4. Data yang akan di olah adalah data Surat Kelahiran, Surat Kematian, Surat Pendataan Penduduk, Surat Pindah.
  5. Bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemograman PHP dan data base MySQL.

1.4. Tujuan Penelitian
         Tujuan dari penelitian ini adalah:
  1. Memberikan kemudahan dalam pelayanan surat menyurat di gampong Juli Keude Dua.
  2. Dapat memudahkan pihak desa dalam mengelola data surat masuk dan surat keluar di gampong.

1.5. Manfaat Penelitian
      Manfaat dari penelitian ini adalah
  1. Untuk menghasilkan suatu sistem pelayanan yang menggunakan media  web atau  internet yang dapat membantu pihak gampong dalam pengolahan data surat.
  2. Untuk menghasilkan suatu sistem yang memberikan informasi tentang surat menyurat di gampong Juli Keude Dua.
  3. Untuk membuat sebuah sistem dalam mengelola data surat gampong berbasis komputerisasi dan online.

1.6. Metode Penelitian
         Metodologi penelitian merupakan suatu proses yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang logis, dimana memerlukan data-data untuk mendukung terlaksananya suatu penelitian. Adapun tahapan pengumpulan sebagai berikut :
1. Pengumpulan data
a. Observasi
Mengumpulkan data-data yang ada untuk digunakan pada proses pengembangan perangkat lunak dalam pengelohan laporan data pada Gampong Juli Keude Dua.

b. Wawancara
Mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak Gampong Juli Keude Dua dan pihak-pihak terkait tentang masalah yang sedang diteliti. Kemudian hasil wawancara ini dapat menjadi acuan penulis untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang sedang diteliti.
c. Studi pustaka
Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian.

1.7. Sistematika Penulisan
          Dalam penulisan tugas akhir ini, digunakan sistematika penulisan sebagai berikut :
BAB  I  PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan latar belakang permasalahan, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB  II  LANDASAN TEORI
Bab ini menguraikan teori-teori yang secara detail dapat berupa definisi atau model yang langsung berkaitan dengan  masalah yang diteliti.
BAB  III  ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini menguraikan tentang analisis terhadap permasalahan yang terdapat dalam kasus yang sedang di teliti serta perancangan sistem baru yang diusulkan untuk penyelesaian permasalahan.
BAB  IV  IMPLEMENTASI
Bab ini berisi penjelasan tentang lingkungan implemetasi analisa dan perancangan sistem.

BAB  V  PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi penjelasan tentang strategi pengujian yang dilakukan dan dijelaskan juga seluruh kasus uji beserta hasil pengujiannya. 
BAB  VI  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini memuat secara singkat dan jelas tentang hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan tujuan penelitian. Kesimpulan didasarkan atas pengujian dan analisis dalam proses penelitian. Saran yang diperlukan dalam  pengembangan topik skripsi selanjutnya maupun perbaikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SKRIPSI Web Desa"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar, mohon jangan mencantumkan link live atau spam ! Berkomentarlah dengan bahasa yang santun !

Untuk Anda yang tidak memiliki blog dapat berkomentar dengan FACEBOOK atau TWITTER dengan cara :
1. Pilih Name/URL
2. Lalu masukan nama dan URL (link) facebook atau twitter sobat
3. Lalu tekan LANJUTKAN dan berkomentarlah !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel